jasa pembuatan sertifikat halal

Berapa Lama Proses Sertifikasi Halal? Berikut Prosesnya

Proses Sertifikasi Halal – Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, label halal memang menjadi elemen penting di Indonesia.

Dibalik kontroversi label halal terbaru yang tidak lagi mendukung Majelis Ulama Indonesia (MUI), secara fungsional label halal berguna untuk melindungi konsumen dalam memilah produk dan barang untuk keperluan sehari-hari. Karena tidak semua produk dijamin halal.

Untuk mendapatkan label halal, pelaku usaha perlu menyusun Sertifikasi Halal yang merupakan salah satu syarat agar produk usahanya dapat dipasarkan secara massal.

Lalu berapa lama proses dari awal pendaftaran produk hingga mendapatkan Sertifikat Halal?

Menurut Mastuki, Kepala Pusat Pendaftaran dan Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), proses sertifikasi halal membutuhkan 21 hingga 31 pekerjaan.

Berikut rangkaian proses untuk memperoleh Sertifikasi Halal MUI menurut Peraturan Menteri Agama Nomor 26 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal.

Berapa Lama proses Sertifikasi Halal?

Mengajukan permohonan Sertifikat Halal MUI secara tertulis kepada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH)

Tahap pertama yang dilakukan oleh setiap pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikat halal adalah mengajukan permohonan secara tertulis dengan membawa dan melengkapi persyaratan administrasi.

Dokumen yang harus dibawa adalah data pelaku usaha, nama dan jenis produk, daftar produk dan bahan yang digunakan dalam produk, pengolahan produk, dan dokumen sistem jaminan produk halal. Untuk proses tersebut, BPJPH akan melakukan proses verifikasi dokumen dalam waktu 1 hari kerja.

Tentang Sertifikat Halal  Jasa Sertifikasi Halal Selai Kacang

Biaya pengurusan sertifikat halal barang dan jasa milik UMKM dan ditambah biaya pengecekan kehalalan produk UMKM oleh LPH Anda dapat mengeceknya di website Permatamas.com.

Jasa Pengurusan Sertifikasi Halal Produk UMKM
Jasa Pengurusan Sertifikasi Halal Produk UMKM

Pemeriksaan Dokumen oleh BPJPH dan Seleksi LPH

Setelah BPJPH memeriksa kelengkapan dokumen, pelaku usaha diperbolehkan memilih lembaga pemeriksa halal. Proses ini memakan waktu 1 hari kerja saja.

Saat ini sudah ada tiga LPH yang telah melaksanakan tugasnya dalam melakukan pemeriksaan dan pengujian kehalalan produk dalam proses sertifikat halal. Ketiganya adalah LPH Sucofindo,  LPH LPPOM MUI, dan LPH Surveyor Indonesia.

Selain itu, ada 9 lembaga yang permohonan akreditasinya sudah lengkap dan terverifikasi sebagai LPH diantaranya:

  1. Yayasan Pembina Masjid Salman ITB Bandung,
  2. Pusat Pengembangan dan Standardisasi Produk Industri Pekanbaru Riau,
  3. Pengurus Pusat Hidayatullah Jakarta,
  4. Kajian Halalan Thayyiban Muhammadiyah Jakarta.
  5. Balai Sertifikasi Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, atau Kementerian Perdagangan.
  6. Universitas Hasanuddin Makassar,
  7. Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur,
  8. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

LPH (Lembaga Pemeriksaan Halal) Melakukan Pemeriksaan dan Pengujian izin Halal Produk Dalam proses ini, produk yang diusulkan akan diperiksa oleh LPH terpilih. Proses ini memakan waktu 15 hari kerja saja.

Namun Mastuki menjelaskan, jika ada kendala tertentu, waktu pemeriksaan akan ditambah 10 hari kerja. Pemeriksaan kehalalan produk oleh LPH yang dilakukan oleh auditor halal meliputi pemeriksaan keabsahan dokumen dan pemeriksaan produk.

Setelah itu, LPH akan menyampaikan hasil pemeriksaan kepada BPJPH dalam bentuk dokumen:

  • Produk dan bahan yang digunakan
  • PPH
  • Hasil analisis atau spesifikasi bahan
  • Berita Acara Pemeriksaan
  • Rekomendasi penerbitan sertifikat
  • Sidang Fatwa Halal oleh MUI

MUI menetapkan kehalalan produk usaha melalui rapat fatwa halal MUI. Sebelum sidang fatwa halal, MUI melakukan kajian ilmiah terhadap hasil pemeriksaan atau pengujian produk halal tim yang dibentuk MUI.

Tentang Sertifikat Halal  Jasa Sertifikasi Halal Bakso Ayam

Proses ini memakan waktu 3 hari kerja. Namun, jika diperlukan pendalaman produk, maka waktu akan dikembalikan ditambah 3 hari kerja. Setelah itu, MUI sebagai lembaga penentu akan mengeluarkan fatwa yang memutuskan halal atau tidaknya suatu produk melalui rapat fatwa halal.

BPJPH Terbitkan Sertifikat Halal

BPJPH merupakan lembaga di bawah Kementerian Agama yang berwenang menerbitkan Sertifikat Halal beserta label halal. Proses ini biasanya memakan waktu 1 hari kerja saja. Namun perlu diketahui, tambah Mastuki, BPJPH tidak bisa menerbitkan sertifikat halal jika MUI tidak mengeluarkan fatwa halal atas produk tersebut.

Dalam proses memperoleh sertifikat halal ini, pihak ketiga yang terlibat dalam proses sertifikasi halal saling terkait. LPH tidak akan melakukan pemeriksaan jika tidak ada pendaftaran pelaku usaha ke BPJPH, dan sidang tidak dapat dilanjutkan.

Manfaat sertifikasi halal bagi perusahaan

  1. Memberikan ketenangan pikiran kepada konsumen

Manfaat pertama bagi perusahaan yang memiliki sertifikasi halal MUI akan memberikan ketenangan pikiran kepada konsumen dalam mengkonsumsi produk perusahaan tersebut. Dengan adanya label halal yang tertera pada kemasan produk, konsumen akan mendapatkan ketenangan pikiran tentang kehalalan produk yang mereka konsumsi.

Terkadang seringkali ada konsumen yang hanya akan membeli produk dengan label halal. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan konsumen akan kehalalan produk yang mereka konsumsi.

Dengan begitu, penjualan produk Anda akan meningkat. Dan dengan meningkatnya daya beli konsumen terhadap produk Anda, maka omzet penjualan makanan pun akan meningkat. Karena itulah sertifikasi halal sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk produk yang dihasilkannya.

  1. Produk yang akan dihasilkan memiliki Unique Selling Point

Lebih lanjut, manfaat memiliki sertifikasi halal bagi perusahaan adalah produk yang dihasilkan akan memiliki Unique Selling Point. Hal ini dapat bermanfaat sebagai salah satu cara untuk bersaing dengan kompetitor tentunya memiliki sertifikat halal MUI dapat menjadi kekuatan USP karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain. Apalagi jika produk yang Anda pesan tidak memiliki sertifikasi halal seperti produk Anda.

  1. Dapat memperluas jangkauan pasar global

Manfaat sertifikasi halal yang terakhir bagi perusahaan adalah dapat memperluas jangkauan pasar global. Pada dasarnya setiap perusahaan ingin terus mengembangkan pemasaran produknya bahkan hingga menembus pasar global. Untuk setiap produk yang telah mencapai pasar global atau yang telah diekspor ke luar negeri, dipastikan penjualannya akan meningkat pesat.

Tentang Sertifikat Halal  Jasa Sertifikasi Halal Kaldu Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengapa memilih kami?

Harga termurah dan transparan

PERMATAMAS memberikan service terbaik dengan harga terbaik.

Perizinan Proses Cepat

PERMATAMAS selalu kerja cepat, tepat, dan fokus pada kebutuhan kamu!

Konsultasi gratis

Konsultasi dengan PERMATAMAS gratis. Diskusikan kebutuhanmu dengan tim kami.

jasa pembuatan sertifikat halal

IZIN MEREK

Permatamas adalah perusahaan yang menyediakan jasa izin merek dagang bagi klien yang ingin melindungi merek dagang mereka

IZIN PKRT

Siap memberikan kemudahan dalam pengurusan Izin PKRT Lokal, Izin PKRT Impor, Izin PKRT Maklon dari sekala mikro, kecil, menengah dan besar seluruh Indonesia.

IZIN ALKES

Siap memberikan kemudahan dalam pengurusan Izin PKRT Lokal, Izin PKRT Impor, Izin PKRT Maklon dari sekala mikro, kecil, menengah dan besar seluruh Indonesia.

Copyright © 2011 PERMATAMAS INDONESIA – All Rights Reserved
a Support by Dokter Website Indonesia