jasa pembuatan sertifikat halal

Pengertian dan Fungsi Sertifikasi Halal MUI

Sudahkah Anda memahami bahwa sertifikat halal MUI itu penting dalam bisnis kuliner? Budaya kuliner di Indonesia sangat luas. Ada berbagai jenis makanan dan minuman yang dijual dan tersedia untuk konsumen. Sebut saja kawasan Little Tokyo di Blok M yang dipenuhi restoran Jepang atau Pantjoran PIK yang viral karena pilihan Chinese food-nya yang enak.

Buat Anda yang berencana membuka usaha makanan atau ingin melengkapi tempat usahanya dengan sertifikat halal MUI, yuk simak apa saja fungsi dan tujuannya, serta cara mengajukan komponen usaha yang satu ini.

Sertifikasi Halal MUI
Sertifikasi Halal MUI

Sertifikat Halal MUI Adalah?

Bukan sekedar surat biasa, sertifikat halal adalah fatwa tertulis yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menyatakan secara resmi bahwa suatu produk atau jasa benar-benar halal atau sesuai dengan syariat Islam. Tidak berhenti sampai di situ, sertifikasi halal MUI ini juga memuat persyaratan untuk mendapatkan label atau stiker izin halal yang bisa Anda tempelkan pada kemasan produk atau banner usaha Anda.

Tujuan Sertifikasi Halal MUI

Saat memesan makanan atau minuman, pernahkah Anda bertanya, “Ini halal atau non halal?” ke penjual? Atau pernah mendapat pertanyaan serupa dari konsumen? Jika iya, Anda pasti merasa sedikit resah saat tidak melihat label halal pada menu padahal penjual sudah memastikan bahwa makanan atau minuman yang Anda pesan halal.

Wajar saja, apalagi kepastian halal atau tidaknya suatu produk hanya bisa ditentukan oleh pihak yang memegang kendali dan lembaga yang memiliki tim ahli, seperti MUI. Jadi, dapat diartikan bahwa tujuan utama memiliki sertifikasi halal adalah untuk memberikan ketenangan pikiran bagi konsumen.

Sedangkan bagi pengusaha, Anda juga bisa lebih menghemat waktu karena sudah ada label halal yang menyatakan bahwa produk yang Anda jual halal. Sertifikasi halal ini juga memberikan keamanan dan ketenangan bagi Anda. Misalnya, dalam beberapa kasus, ada pihak luar yang menuding sebuah usaha makanan menggunakan bahan-bahan yang tidak halal.

Tentang Sertifikat Halal  Cara Daftar Halal MUI Secara Online

Jika demikian, bukti kuat pelanggaran dugaan hanya sertifikat halal. Jadi, jangan sampai hal seperti ini terjadi di tempat usaha Anda. Hindari langsung mengajukan sertifikat halal.

Fungsi Sertifikasi Halal MUI

Selain diwajibkan oleh pemerintah, bisnis Anda akan sangat diuntungkan dengan memiliki sertifikasi halal. Fungsi sertifikat halal merupakan keunggulan atau poin penting bagi konsumen Anda, sekaligus untuk mempertahankan bisnis Anda sendiri.

Pembaruan fungsi-fungsi tersebut juga akan sangat membantu Anda saat mencari vendor baru. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa semua bahan dan proses memasak di tempat usaha Anda sesuai dengan syariat Islam. Lihat keuntungan memiliki sertifikat halal.

  1. Perspektif produser

Pertama dan terpenting, sertifikat halal merupakan syarat penting dalam menjalankan bisnis, terutama untuk bisnis F&B. Tanpa itu, bisnis Anda tetap bisa beroperasi, namun akan selalu ada ketakutan pihak berwajib mengalihkan kehalalan produk Anda.

Anda tidak perlu takut dengan proses yang rumit atau biaya yang besar untuk mengurusnya. Kini, BPJH menetapkan apa yang disebut self-declarate alias sertifikasi halal yang dikhususkan bagi pelaku usaha mikro dan kecil berdasarkan kekuatan pelaku usaha.

Sedangkan fungsi sertifikat halal yang kedua bagi pemilik usaha adalah kemudahan mendapatkan kepercayaan konsumen. Anda pasti sering mendengar kata-kata, “Lebih mudah mencari pembeli baru daripada mencari pelanggan.

Pernyataan ini benar karena beberapa alasan. Dengan adanya sertifikat halal, konsumen akan tahu bahwa Anda sangat peduli dengan kebersihan dan keamanan produk yang Anda jual. Sehingga, mereka tidak akan ragu untuk kembali, bahkan merekomendasikan dagangan Anda kepada teman dan keluarga. Mereka pun menjadi lebih tenang untuk mengkonsumsi produk jualan Anda.

Maka, bisnis Anda akan lebih unggul dari kompetitor yang tidak memiliki sertifikat halal MUI. Mengapa demikian? Di saat mereka masih sibuk menjawab pertanyaan tentang status kehalalan produknya, Anda sudah memikirkan strategi baru untuk memasarkan produk Anda ke target pasar yang baru.

Tentang Sertifikat Halal  Cara Daftar Sertifikasi Halal MUI

Untuk bisa mendapatkan sertifikat halal, produk Anda harus melalui berbagai pengujian yang ketat. Proses ini untuk membuktikan bahwa bahan yang digunakan aman untuk dikonsumsi, dan tentunya sesuai dengan syariat Islam.

Dari sini negara lain akan lebih ramah atau menerima produk Anda untuk dijual di sana karena sudah memiliki sertifikat yang menunjukkan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi. Plus, produk Anda akan diterima oleh negara lain yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

  1. Perspektif konsumen

Bagi umat Islam, mengkonsumsi makanan dan minuman halal sangatlah penting. Tentu saja, ini adalah ajaran agama yang harus selalu diikuti dan dipatuhi. Namun terlepas dari itu, makanan dan minuman halal diyakini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan ridha Allah.

Selain itu, kelompok makanan yang masuk halal memiliki kandungan gizi yang baik dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Kemudian, bahan makanan yang halal dianggap akhlakul karimah, sehingga dipercaya dapat berubah menjadi energi yang digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Adanya sertifikat halal juga meyakinkan konsumen bahwa produk yang dikonsumsinya benar-benar aman dan diproduksi dengan cara yang etis. Jadi, jika tempat usaha Anda masih berupa rumah atau berukuran kecil, konsumen akan sedikit ragu untuk mencoba dagangan Anda. Label halal menjadi faktor penting bagi mereka untuk percaya bahwa bisnis Anda layak untuk dikunjungi.

Makanan dan minuman tersebut tidak akan membuat Anda sakit perut, apalagi mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Biasanya tempat makan berlabel halal juga lebih ramah keluarga. Itu berarti tidak menjual alkohol dan memiliki suasana yang baik untuk anak-anak. Sehingga banyak keluarga lebih memilih makan di tempat yang sudah memiliki sertifikat halal.

Tentang Sertifikat Halal  Sertifikat Halal Produk Obat tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengapa memilih kami?

Harga termurah dan transparan

PERMATAMAS memberikan service terbaik dengan harga terbaik.

Perizinan Proses Cepat

PERMATAMAS selalu kerja cepat, tepat, dan fokus pada kebutuhan kamu!

Konsultasi gratis

Konsultasi dengan PERMATAMAS gratis. Diskusikan kebutuhanmu dengan tim kami.

jasa pembuatan sertifikat halal

IZIN MEREK

Permatamas adalah perusahaan yang menyediakan jasa izin merek dagang bagi klien yang ingin melindungi merek dagang mereka

IZIN PKRT

Siap memberikan kemudahan dalam pengurusan Izin PKRT Lokal, Izin PKRT Impor, Izin PKRT Maklon dari sekala mikro, kecil, menengah dan besar seluruh Indonesia.

IZIN ALKES

Siap memberikan kemudahan dalam pengurusan Izin PKRT Lokal, Izin PKRT Impor, Izin PKRT Maklon dari sekala mikro, kecil, menengah dan besar seluruh Indonesia.

Copyright © 2011 PERMATAMAS INDONESIA РAll Rights Reserved
a Support by Dokter Website Indonesia