jasa pembuatan sertifikat halal

Cara Daftar Sertifikasi Halal MUI

Sertifikasi halal MUI untuk produk yang akan dipasarkan di luar negeri (di luar Indonesia) bisa diajukan langsung ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Prosedur dan keputusan sertifikasi halal ditangani oleh dua lembaga di bawah MUI, yakni LPPOM MUI dan Komisi Fatwa MUI.

Bagaimana Cara Daftar Sertifikasi Halal MUI?

LPPOM MUI menangani pemeriksaan kecukupan dokumen, penjadwalan audit, pelaksanaan audit, rapat auditor, penerbitan memorandum audit, penyampaian risalah hasil audit pada rapat Komisi Fatwa MUI, keputusan komisi fatwa MUI tentang kehalalan produk berdasarkan hasil audit dan penerbitan keputusan halal MUI.

Jasa Pengurusan Sertifikasi Halal Produk UMKM
Jasa Pengurusan Sertifikasi Halal Produk UMKM

Sebelum mendaftar sertifikat halal, perusahaan harus sudah menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) sesuai dengan HAS 23000. Untuk penerapan SJH yang sesuai, perusahaan perlu terlebih dahulu memahami kriteria HAS yang dipersyaratkan dalam HAS 23000.

Keunggulan Daftar Sertifikasi Halal MUI?

Mampu Memberikan Jaminan Keamanan Bagi Konsumen

Jika pengusaha mengutamakan keamanan produk, maka produk tersebut akan lebih mudah menarik konsumen. Produk dengan logo halal pada kemasannya jelas akan lebih sering dipilih oleh konsumen dibandingkan produk tanpa keterangan halal.

Proses sertifikasi halal MUI sendiri cukup padat dan ketat. Alhasil, pencantuman logo halal benar-benar menjadi jaminan keamanan bagi konsumen. Konsumen tidak perlu khawatir dengan kehalalan produk sesuai syariat Islam.

Peningkatan Kepercayaan dari Konsumen

Seiring dengan terjaminnya kualitas dan keamanan, tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut juga akan meningkat. Peluang mendapatkan repeat order dari pembeli akan semakin besar. Bahkan, bukan tidak mungkin akan lebih mudah mendatangkan konsumen baru.

Tentang Sertifikat Halal  Jasa Sertifikasi Halal Basreng

Kita semua tahu bahwa isu kehalalan suatu produk akhir-akhir ini menjadi perhatian utama. Jangan sampai citra suatu produk, bahkan merek, rusak hanya karena status kehalalannya tidak jelas. Sebagus apapun produknya, sulit mendapatkan loyalitas konsumen jika tidak halal.

Sebagai Tambahan Nilai Jual Produk

Bayangkan terdapat dua produk makanan mie instan yang sama-sama dijual di minimarket. Produk pertama tidak memiliki logo halal pada kemasannya, sedangkan produk kedua memiliki logo halal. Produk mana yang lebih mungkin diambil dan dibeli oleh konsumen?

Jawabannya tentu saja produk mi instan dengan logo halal pada kemasannya. Nah, itulah manfaat lain memiliki sertifikat halal MUI. Produk tersebut memiliki nilai jual tambahan. Apalagi jika suatu produk harus bersaing dengan kompetitor impor yang beredar di pasaran.

Peluang Memperluas Jangkauan Pasar

Jika seorang pengusaha berencana ekspansi ke luar negeri, memiliki sertifikat halal sangat membantu. Apalagi jika negara yang dibidik adalah negara dengan mayoritas warga muslim. Mencapai pasar halal global dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi para pengusaha.

Dengan dokumen sertifikasi yang lengkap, akan lebih mudah memasarkan produk ke mancanegara. Apalagi saat ini banyak negara yang mewajibkan pencantuman logo halal untuk produk impor.

Berapa Lama Daftar Sertifikasi Halal MUI?

Proses setelah data pengajuan sertifikat halal ini akan berlangsung 21 hari kerja. Rinciannya 2 hari di BPJPH, 15 hari di LPH, 3 hari di MUI dan kemudian satu hari di BPJPH untuk proses penerbitan sertifikat halal MUI. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website permatamas.com.

Dimana Daftar Sertifikasi Halal MUI?

Anda bisa mengajukan dan mendaftar sertifikasi halal MUI di permatamas.com.

Berapa Biaya Daftar Sertifikasi Halal MUI?

Ketentuan tarif pelayanan permohonan sertifikasi halal dengan self-deklare statement pelaku usaha dikenakan tarif sebesar Rp. 0,00 (nol rupiah) atau tidak dipungut biaya dengan memperhatikan kemampuan keuangan negara.

Tentang Sertifikat Halal  Cara Daftar Halal MUI Secara Online

Pengenaan biaya layanan permohonan sertifikasi halal dengan keterangan pelaku usaha berasal dari APBN, APBD, pembiayaan alternatif bagi usaha kecil dan menengah (UMK), pembiayaan dari dana kemitraan, hibah dari pemerintah atau lembaga lain, dana bergulir, dan sumber lain yang sah serta tidak mengikat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang berapa biaya Daftar Sertifikasi Halal MUI, Anda bisa mengunjungi website permatamas.com.

Dokumen yang dibutuhkan

Penetapan Halal sebelumnya untuk kelompok produk yang sama (khusus registrasi pengembangan atau perpanjangan).

Manual SJH (khusus untuk pendaftaran baru, pengembangan dengan status SJH B, atau perpanjangan).

Status atau Sertifikat SJH Terbaru (khusus registrasi pengembangan dan perpanjangan).

Diagram alir proses produksi untuk produk terdaftar (untuk setiap jenis produk).

Surat pernyataan dari pemilik sarana produksi bahwa sarana produksi yang bersentuhan langsung dengan bahan dan produk (termasuk peralatan penolong) tidak digunakan secara bergantian untuk menghasilkan produk halal dan produk yang mengandung babi/turunannya atau jika telah digunakan untuk menghasilkan produk mengandung babi dan turunannya.

Selah dilakukan pencucian sebanyak 7 kali menggunakan air dan salah satunya dengan tanah, sabun, detergen atau bahan kimia yang dapat menghilangkan bau dan warna najis.

Daftar alamat semua fasilitas produksi, termasuk tolling plant dan gudang bahan/produk antara. Khusus untuk restoran, fasilitas yang perlu diinformasikan antara lain kantor pusat, dapur luar, gudang luar, dan tempat makan/minum.

Khusus untuk produk agar-agar, jika bahan bakunya (kulit, tulang, kerongkongan, bone chips, dan/atau ossein) tidak mempunyai izin halal, maka alamat seluruh pemasok bahan baku juga harus dicantumkan.

Bukti sosialisasi kebijakan halal.

Bukti pelatihan internal SJH.

Bukti pelaksanaan audit internal SJH.

Bukti izin perusahaan seperti: NIB, Izin Usaha Industri, Izin Usaha Mikro dan Kecil, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), atau Sertifikat Keberadaan Sarana Produksi yang dikeluarkan oleh perangkat daerah setempat (untuk perusahaan yang berlokasi di Indonesia).

Tentang Sertifikat Halal  Jasa¬† Sertifikasi Halal Mie Rebus

Sertifikat atau bukti penerapan sistem mutu atau keamanan produk (jika ada), seperti sertifikat HACCP, GMP, FSSC 22000 untuk pangan, sertifikat higiene sanitasi layak untuk restoran dan jasa boga, Cara Pembuatan Makanan yang Baik (CPPB), Cara Pembuatan Obat yang Baik ( CPOB), Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB), dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengapa memilih kami?

Harga termurah dan transparan

PERMATAMAS memberikan service terbaik dengan harga terbaik.

Perizinan Proses Cepat

PERMATAMAS selalu kerja cepat, tepat, dan fokus pada kebutuhan kamu!

Konsultasi gratis

Konsultasi dengan PERMATAMAS gratis. Diskusikan kebutuhanmu dengan tim kami.

jasa pembuatan sertifikat halal

IZIN MEREK

Permatamas adalah perusahaan yang menyediakan jasa izin merek dagang bagi klien yang ingin melindungi merek dagang mereka

IZIN PKRT

Siap memberikan kemudahan dalam pengurusan Izin PKRT Lokal, Izin PKRT Impor, Izin PKRT Maklon dari sekala mikro, kecil, menengah dan besar seluruh Indonesia.

IZIN ALKES

Siap memberikan kemudahan dalam pengurusan Izin PKRT Lokal, Izin PKRT Impor, Izin PKRT Maklon dari sekala mikro, kecil, menengah dan besar seluruh Indonesia.

Copyright © 2011 PERMATAMAS INDONESIA РAll Rights Reserved
a Support by Dokter Website Indonesia